tentang membanggakan masa lalu sendiri yang negatif…

Pernah nggak, ketika kamu mengobrol ataupun curhat, tiba-tiba kamu mendengar temanmu membicarakan kelemahan atau masa lalunya yang buruk secara tersirat? Contohnya:

A: “Aku ngerasa teman mulai menjauhiku nih.”

B: “Ah, itu mah mending! Aku malah dulu pernah dijauhin teman-teman sekelas.”

Coba amati baik-baik dialog di atas. Mungkin kalian pikir seharusnya si A besyukur atas kondisinya sekarang lebih baik daripada kondisi si B yang dulu. Tapi, apa memang benar begitu? Setelah aku pikir, ini salah kebanggaan negatif. Apakah suatu hal yang negatif dari masa lalumu perlu untuk diagungkan di atas masalah orang lain? Layaknya kamu pernah mengalami hal paling menyedihkan di dunia daripada orang lain? I think it’s a big no. Semua orang pernahlah mengalami hal buruk, dan setiap individu pastinya merasakan hal buruk itu sangat menyakitkan untuknya. Jadi kalau kamu berpikir bahwa masa lalumu adalah yang paling tersedih, kamu nggak perlu untuk menceritakannya. Malahan si A jadi bangga karena masalahnya masih mending daripada si B. Si B jadi malu sendiri karena masa lalunya yang buruk itu terungkap.

Aku pikir itu tidaklah perlu diceritakan dan dibandingkan. Apalagi kalau kondisi temanmu sedang sedih banget. Bayangin aja deh, kamu lagi curhat habis-habisan, kamu lagi melow semelow-melownya, dan hanya ditanggapi “ah mending, sedihan gue”. It’s suck! Padahal kamu lagi butuh dukungan, malah dibanding-bandingkan sama masa lalu orang. See? Ngeselin ‘kan? Orang itu butuh dukunganmu, bukan masa lalumu.

Kesalahan si B lainnya ialah masa lalu itu bisa tersebar melalui si A. Iya deh kalau si A bersyukur kalau keadaannya lebih baik daripada si B, gimana kalo si A manfaatin itu untuk makan balik si A? Si A belagak curhat untuk mendapatkan “rahasia kelam” masa lalu si B, dan menyebarkannya ke orang lain. It’s not good at all.

Jadi saranku: keep lock your mouth. Nggak perlu cerita tentang masa lalumu yang lebih buruk. Jadikan saja masa lalu itu buat memperbaiki diri. Let the past fly away. 😉

Advertisements

One thought on “tentang membanggakan masa lalu sendiri yang negatif…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s