Mendung di bulan Agustus

Ada berita sedih. Aku turun rangking.

Jangan berpikir negatif tentangku, teman. Bukan berarti aku tidak berusaha. Aku berusaha, namun hasilnya tidak maksimal. Ternyata banyak anak yang lebih baik dariku. Ini menyedihkan. Aku merasa gagal. Rasanya tidak ada harapan lagi.

Hari-hariku berikutnya hambar. Aku tidak bergairah untuk addict belajar seperti sebelumnya. Kalau ditanya, aku berkilah “capek” atau “sedang moody”. Aku putus asa dan down. Layaknya dunia itu nggak adil banget.

Aku berpikir begini: “Betapa beruntungnya anak itu… bisa mendapat ranking dan mendapat banyak penghargaan. Anaknya disukai guru dan banyak teman. Sedangkan aku? Siapalah aku? Aku hanya rata-rata anak biasanya.”

Karena itu, aku browsing tentang keberuntungan dalam pandangan islam. Mungkin kalau kamu mau baca salah satu artikelnya baca di sini.

Al-Ashr

Demi Masa.

Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian.

Kecuali orang yang beriman, dan beramal shalih, saling nasihat menasihati dalam kebenaran, dan saling nasihat menasihati dalam kesabaran.

Ini sungguh membuka mataku. Aku menangis. Aku membaca surat Al-Ashr berkali-kali. Betapa lalainya diriku ini. Betapa meruginya diriku ini. Setiap hari aku membaca surat ini dalam sholatku, namun baru aku tahu maknanya sedalam ini. Ya Allah, maafkanlah aku…

Kemudian aku mengubah pikiran tadi.

“Dia sangat pintar. Aku akan mencari tahu bagaimana dia bisa melakukannya jadi aku bisa mencobanya!” ; “Mungkin rangkingku turun, tapi setidaknya aku belajar banyak untuk bangkit kembali.” ; “Ini baru jatuh yang sekali. Aku harus bangkit dan melangkah dua kali!”

So, guys. Apapun masalah yang terjadi, janganlah patah semangat. Cobalah untuk berpikir positif! (thanks for this, onii-chan). Masih ada jalan keluar untuk masalah yang kita tempuh.

Thanks, have a nice day! 😉

Leave a Reply

