hal yang aku lakuin untuk belajar

Image

Hai semuanya! Menurutmu apa aja sih hal yang akan membantumu dalam fokus belajar? Semua orang pastinya punya cara yang berbeda dalam belajar, termasuk juga aku. Aku punya gaya belajar yang “gue banget” dan nggak bisa lepas dari ini. Apalagi sewaktu serius…ini bakalan hal yang aku lakuin.

* bantal

ImageEh, memangnya bantal buat apa? Tentu saja buat dipeluk-peluk. Enaknya juga buat bersandar atau penyangga kalau badan mulai pegal. Atau bisa saja buat bahan remas-remas kalau ngambek ngerjain akutansi :p

* duduk di meja belajar

Ini sifatnya mutlak untukku. Kalau mau benar-benar awet ilmunya nancep ke kepala, harus duduk di meja belajar. Meskipun aku bisa belajar dalam kondisi apapun(jalan, tiduran xD)

* ngemil

ImageEh? Belajar kok ngemil? Nggak ada salahnya kok. Di samping nggak bikin kita berpindah posisi kita dari belajar, juga nambah semangat belajar lagi. Tapi aku tidak suka makan saat belajar, jadi aku makan permen saja :9

* minum, especially air putih

ImageWajib hukumnya kalau belajar untuk minum air putih. Menyegarkan pikiran kembali ^0^

* suasana yang tenang

Belajar itu nggak selalu di kamar(meskipun tempat yang paling nyaman di situ sih). Kalau mau, kamu bisa belajar di ruang tamu, teras, atau di perpustakaan. Kalau mau tempat yang berbeda, coba saja di taman pada saat sore hari, cukup nyaman kok ^ ^

* mengulas materi

ImageNamanya juga belajar, pastinya juga mangulang materi sebelumnya. Eits, tapi belajarnya jangan naggung ya. Coba yuk belajar materi selama satu semester atau pun satu tahun sebelumnya. Dijamin materi sebelumnya pasti berkaitan dengan materi berikutnya, kamu jadi bisa lebih paham deh ^_^

* coba bertanya

ImageCatatan hilang? Nggak dengerin penjelasan guru? Atau nggak ngerti sama sekali? Coba tanyakan! Percaya deh, ada temanmu yang bisa menjelaskan. Bertanya pada guru juga bisa kok, kalau perlu, minta ajarkan sampai kamu benar-benar paham.

* berteman dengan yang pintar

Eittss, jangan salah sangka. Ini bukan berarti pilih-pilih teman lho ya. Teman kita yang pintar dapat membantu kita baik dalam segi prestasi maupun sosial. Jadi kita gaul tapi tetap pintar. Asyik kan? šŸ˜€

* ngerjain tugas sebelum waktunya

Nampaknya sepele sih, tapi dapmpaknya bisa fatal. Sebelum hari H repot-repot dan capek buat ngerjain tugas. Daripada terburu-buru, lebih baik kita ngerjain tugas sebelum waktunya. Atau yang lebih baik lagi, setelah mendapat tugas langsung dikerjain. That’s a good job!

* latihan soal secara acak

Nah, ini yang sulit. Kita terbiasa untuk mengerjakan soal secara berurutan. Coba deh kita mengerjakan try out atau evaluasi. Itu akan membantu banget saat kita ujian nanti.

* jenuh? take a break!

ImageTidak usah menekan diri untuk belajar terus menerus. You need a break! Istirahat akan membuat pikiran jauh lebih bertenaga dan fresh. Belajar jadi lancar lagi~

Nah, gimana? Udah tertarik untuk belajar? Belajar nggak bikin bosen, asalkan kita menyukainya. Jangan lupa untuk konsisten. Belajar memang nggak mudah, tapi kita bisa menjadi sukses karenanya. Have a nice day!! šŸ™‚

Advertisements

3 thoughts on “hal yang aku lakuin untuk belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s